MATH DAY 3




Pada tanggal 14 Oktober 2016, Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) mengadakan acara Math Day 3 yang bertema “ Berkah Ta’aruf Keluarga Matematika “. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar meskipun ada beberapa kendala namun kami dapat menanganinya dengan baik. Kegiatan dimulai dari registrasi peserta pada pukul 06:30 – 07:00 WIB namun pada nyatanya registrasi dilakukan hingga pukul 07:15. Hal ini dikarenakan masih banyak mahasiswa yang belum hadir. Ketika registrasi mahasiswa juga menyerahkan kado untuk acara tukar kado pada nantinya tapi ada beberapa peserta yang tidak membawa kado, lalu setelah itu dibagikan snack dan souvernir berupa gantungan kunci. Acara selanjutnya yaitu pembukaan pada pukul 07.15 sampai 07.45. Dibuka dengan pembacaan kalam illahi pada pukul 07.15 sampai pukul 07.20 yang dibacakan oleh Naqiya Karimah serta sari tilawah oleh Hulwa Kurnia Utami. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah oleh Neng Siti Ratna Gumilang pukul 07.20 sampai pukul 07.25. Pada saat menyanyikan lagu, semua yang ada diruangan berdiri dan setelah selesai dipersilahkan duduk kembali.

 Selanjutnya laporan Ketua Pelaksana pada pukul 07.25 sampai pukul 07.30 oleh Muhammad Chairudin. Kemudian sambutan-sambutan, yang pertama dimulai oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Chusni Mubarok namun dikarenakan beliau tidak dapat hadir sambutan diwakilkan oleh Wakil Ketua Umum HIMATIKA yaitu saudari Mifta Khoiru Nimah pukul 07.30 sampai pukul 07.35. Sambutan berikutnya oleh Sekertaris Program Studi Matematika yaitu Wahidin M,Pd pada pukul 07.35 sampai pukul 07.45. Beliau menggantikan Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd yang belum hadir.
Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pentas kreatifitas dari mahasiwa semester 1 pukul 07.45 sampai pukul 08.00, untuk pentas kreatifitas yang pertama dibuka dengan tiga kelas yaitu kelas 1d yang menampilkan pembacaan puisi berantai, kelas 1b yang menampilkan puisi karya bangsa, dan kelas 1f menampilkan stand up comedy. Acara selanjutnya yaitu Mathsion (Mathematic Discussion) yang disampaikan oleh Wahidin, M.Pd pukul 08.00 sampai pukul 09.00 membahas mengenai SKPI, Kelas Bilingual, dan SKS yang diikuti oleh seluruh peserta dan dosen matematika acara tesebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa semester 1 terkait SKPI, kelas bilingual, dan SKS sekaligus memperkenalkan bapak dan ibu dosen matematika namun banyak dosen yang berhalangan hadir dikarenakan masih ada jam mengajar di kampus sehingga acara tersebut hanya diikuti oleh peserta saja.
Kemudian setelah kegiatan mathsion selesai, acara selanjutnya yaitu penampilan pentas kreatifitas dari kelas 1c menampilkan drama musikal, kelas 1a menampilkan menyanyi dan kelas 1e menampilkan drama komedi pukul 09.00 sampai pukul 09.15 hal ini bertujuan agar peserta tidak merasa jenuh dan bosan dengan acara berikutnya. Selanjutnya adalah Talkshow pukul 09.15 sampai pukul 10.30 yang disampaikan oleh Nurafni, M.pd tentang “Lika – Liku Bermatematika” yang menjelaskan pengalaman hidup beliau yang sangat inspiratif ketika , mendapatkan beasiswa melanjutkan S2 dan sampai menjadi dosen di UHAMKA, pembahasan tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat mahasiswa matematika khususnya semester 1 dalam menuntut ilmu dan memperoleh prestasi yang membanggakan tidak hanya dalam ranah akademik tetapi juga dalam non akademik.
Kemudian masuk pada acara berikutnya yaitu games pukul 10.30 sampai pukul 11.15, games dibagi menjadi 3 pos dengan letak yang berbeda-beda, setiap kelompok harus mendatangi masing-masing pos secara bergantian dengan pengarahan panitia. Setiap pos terdapat panitia yang akan menjelaskan teknis pelaksanaan masing-masing games, Pos 1 games untuk meningkatkan kemampuan berpikir, pos 2 games untuk meningkatkan kerja sama antar anggota, dan pos 3 games untuk melatih kesabaran, focus, dan kekompakan setiap anggotanya. Seharusnya durasi dari games ini adalah 1 jam, namun karena waktu yang tinggal sedikit lagi untuk persiapan shalat jum’at bagi yang laki-laki maka durasi untuk games hanya 45 menit saja sehingga waktu sangat terbatas dan terdapat kendala yaitu beberapa kelompok hanya hanya dapat mengunjungi 1 pos saja dan beberapa kelompok lainnya belum sama sekali mengikuti games ini, dan peserta segera kembali ke Anjungan Jambi tempat acara berlangsung.
Acara selanjutnya Ishoma pada pukul 11.15 sampai pukul 13.15 untuk peserta laki-laki segera bersiap ke masjid melaksanakan shalat jum’at dengan pengarahan panitia laki-laki, baru setelah itu kembali ke anjungan untuk melaksanakan makan siang. Sementara peserta perempuan sudah bersiap untuk makan siang terlebih dahulu baru setelah itu melaksanakan shalat dzuhur. Ishoma dilakukan selama 2 jam namun nyatanya terdapat kendala sehingga diperpanjang 15 menit sampai pukul 13.30.
Kemudian setelah para peserta selesai makan siang suasana mulai kondusif kembali untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu seminar tentang “Aplikasi Matematika Dalam Kehidupan” yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Matematika Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd, pukul 13.30 sampai pukul 14.30 para peserta sangat antusias dalam memperhatikan materi yang diberikan karena cara penyampaiannya juga sangat interaktif dan menyenangkan. Masuk ke sesi acara berikutnya yaitu photobooth pukul 14.30 sampai 15.00, setiap kelas diwajibkan untuk berfoto di tempat yang sudah disediakan, foto dilakukan secara bergilir bagi kelas yang belum mendapatkan giliran tetap menunggu di anjungan sambil menikmati hiburan Stand Up Comedy yang dibawakan oleh Dimas Hakri L. mahasiswa semester 7. Kemudian ada pula persembahan hiburan dari perwakilan mahasiswa semester 5 yang menampilakan nyanyian dan musik akustik.

Untuk menambah keakraban antara mahasiswa semester 1 dan mahasiswa semester atas maka acara selanjutnya yaitu games angkatan pukul 15.00 sampai pukul 15.30. Nama permainannya adalah “Perang Dunia” dilakukan oleh seluruh peserta termasuk beberapa panitia ikut berpartisipasi dalam permainan ini. Permainan ini dilakukan dengan membuat kelompok barisan, setiap baris berjumlah 12 orang kemudian tiap baris memiliki nama Negara yang berbeda dan kelompok lain harus menyebutkan Negara apa saja yang terdapat dalam permainan itu dan tidak boleh sama dengan kelompok yang lain apabila sama maka kelompok itu kalah dan tidak dapat melanjutkan permainan. Suasana yang terjalin sangat seru dan menyenangkan.

Selanjutnya yaitu acara pembagian doorprize berdasarkan nomor undian tiket masuk yang diambil secara acak, bagi peserta yang beruntung akan naik ke panggung sambil memberikan kesan dan pesan selama mengikuti math day 3 dan kemudian mendapatkan hadiah, selain doorprize juga ada pembagian hadiah untuk kelompok terbaik dan king and queen math day 3 hal ini dilakukan untuk mengapresiasi mahasiswa yang sudah mengikuti kegiatan math day 3 dari awal sampai akhir. Setelah itu tukar kado pukul 15.45 sampai pukul 16.00. Akhirnya rangkaian acara Math Day 3 selesai pada pukul 16.15 yang ditutup oleh MC. Peserta sangat apresiasi terhadap acara ini karena pengalaman dan ilmu yang didapat sangat berkesan dan bermanfaat bagi peserta khususnya panitia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH MATEMATIKA

SEJARAH MATEMATIKA

SEJARAH MATEMATIKA