SEJARAH MATEMATIKA

Sejarah Matematika Yunani dan Hindu



A. Sejarah Matematika Yunani
       Sejarah filsafat matematika itu sendiri dimulai sejak abad ke-6 SM di sekitar pesisir laut Timur Tengah. Kata matematika itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, mathema yang berarti pelajaran tentang instruksi.

a. Faktor-faktor Lahirnya Filsafat Matematika Yunani : 
- Pengaruh ilmu-ilmu yang berasal dari Babylonia (Mesir) di lembah sungai Nil, kemudian berkat kemampuan dan kecakapannya ilmu-ilmu tersebut dikembangkan sehingga mereka mempelajarinya tidak didasarkan pada aspek praktis saja, tetapi juga aspek teoritis kreatif.
- Kebutuhan akan ilmu yang dapat memudahkannya dalam menjalani hidup

b. Periode Filsafat Matematika Yunani
     Periode Yunani menjadi dua periode, yaitu periode Yunani Kuno dan Periode Yunani Klasik. Sebuah penemuan berkembang pada zaman ini. Sebuah ilmu tentang sistem numerisasi. Sistem Numerisasi adalah sistem memberikan nama suatu bilangan. Sistem ini memiliki simbol-simbol pokok atau simbol dasar. Sedangkan bilangan itu sendiri adalah konsep yang digunakan untuk pengukuran. 
       Seperti halnya di Mesir atau Mesopotamia, bangsa Yunani pun mengembangkan sistem numerasinya sendiri. System numerasi yang digunakan bangsa yunani ada dua macam, yaitu bilangan Attic dan ionic.

1. Bilangan Attic
     Attic dalam bahasa Indonesia berarti loteng. Bilangan Attic ditemukan di sebuah daerah reruntuhan Yunani yang bernama Atiica sekitar abad 300 S.M. Angka satu sampai empat dilambangkan dengan tongkat. Angka loteng digunakan oleh orang Yunani kuno , mungkin dari abad ke-7 SM. 
     Mereka juga dikenal sebagai angka Herodianic karena mereka pertama kali dijelaskan dalam sebuah naskah abad ke-2 oleh Herodes . Mereka juga dikenal sebagai angka acrophonic karena simbol-simbol berasal dari huruf pertama dari kata-kata yang mewakili simbol:, lima sepuluh, seratus, ribu dan sepuluh ribu.

        Salah satu kekurangan dari system numerasi ini adalah, lambang nol belum ada. Bangsa Mesir kuno menulis angka pada daun lontar dengan tulisan hieroglif yang dilambangkan dengan garis lurus untuk satuan, lengkungan ke atas untuk puluhan, lengkungan setengah lingkaran menyamping (seperti obat nyamuk) untuk ratusan, dan untuk jutaan dilambangkan dengan simbol seorang laki-laki yang menaikkan tangan. Sistem ini kemudian dikembangkan oleh bangsa Mesir menjadi sistem hieratik



2. Sistem Ionik (alfabet)


B. Matematika Hindu
     
     Matematika Hindu muncul abad ke-26 SM dan berakhir abad ke-14 SM. Matematika Hindu berkembang setelah Matematika China dan berakhir sebelum munculnya Matematika Eropa. 

a. Sistem Lambang Bilangan Hindu
     1. Angka Brahmi 
         Angka Brahmi ditemukan pada prasasti di gua dan kuil di daerah dekat Poona, Bombay, dan Utar Pradeshde. Angka Brahmi sudah digunakan sampai abad 4M.

      2. Angka Gupta
          Terjadi selama dinasti Gupta memerintah sampai ke Magadha di Timur laut India pada awal abad 4 M sampai abad 6 M.

     3. Angka Nagari (Angka Devahagari)
         Angka Nagari menyebar didunia antara abad 7 sampai 16 M dan sudah menyebar di Eropa akhir abad 5 M.




Daftar Pustaka
Haryono, Didi S.Si.,M.Si. (2014). Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta Bandung.

UmniyatiHs, Rofidah. (2016). Sejarah Matematika Hindu. [Online]. Tersedia: https://www.slideshare.net/RofidahUmniyatiHs/sejarah-matematika- hindu-70373295 [30 September 2018]. 

Turnip, Melva Brigita. (2013). Matematika Hindu dan Arab Purbakala. [Online]. Tersedia: https://www.scribd.com/document/393661052/melva-sejarah- docx [12 Desember 2018]. 

Cuteyz, Zoen.Sejarah Matematika. Diuggah 11 September 2018. 

Ngatholilah, Ibnu.2004.Sejarah Matematika Klasik dan Modern:UAD Press http://digilib.uin-suka.ac.id/7890/1/TALIB%20HASHIM%20HASAN%20PERKEMBANGAN%20SISTEM%20BILANGAN%20PADA%20MASA%20SEBELUM%20ISLAM.pdf

Pradinata, Hendra. 2013. Sistem Numerasi.BERBAGI%20ILMU%20%20Sistem%20Numerasi.htm. 

Tejowati. 2013. Sejarah matematika lambang bilangan (yunani kuno dan romawi./sejarah%20matematika/Sejarah%20matematika%20lambang%20bilangan%20%28yunani%20kuno%20dan%20romawi%29.htm 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH MATEMATIKA

SEJARAH MATEMATIKA